BERITA

Berita mengenai kegiatan dan aktifitas MAPALA 09 SMFT-UH

(1 Vote)

SIMULASI II EKSPEDISI NUSANTARA MAPALA09 SMFT-UH, GUA DINOSAURUS

 

Sebanyak empat orang Atlit Ekspedisi Nusantara Divisi Caving Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) 09 Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (SMFT-UH) menggelar Simulasi II.

Simulasi sebagai bagian persiapan jelang keberangkatan tim Ekspedisi Nusantara tersebut, dilakukan selama empat hari di Gua Dinosaurus yang terletak di Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, 11-14 November 2017

Fredy Andilolo mengatakan, tim yang melakukan simulasi kedua tersebut beranggotakan 4 orang Firman Taher (Jungle), Salmon Randa, Moch. Syahrizal (Didit), dan Fredy Andi Lolo (Frelo).

“Jadi kami melakukan kegiatan penelusuran gua dalam rangka memenuhi muatan materi ekspedisi yakni teknik penelusuran gua vertikal dan pemahaman penggunaan alat,” kata Frelo, anggota Mapala 09 FT Unhas angkatan 19 ini.

Mahasiswa Jurusan Arsitektur angkatan 2013 ini menjelaskan, saat simulasi susur Gua Dinosaurus, anggota Mapala 09 menggunakan perlengkapan yang lengkap dan didampingi tim safety dari senior Mapala 09.

“Pada simulasi kali ini, kami juga melakukan penerapan ilmu teknik Single Rope Technique (SRT) atau teknik menuruni gua dengan satu tali. Semua tim pun dengan lancar berhasil menuruni gua hingga dasar,” jelasnya.

Gua Vertikal

Gua Dinosaurus salah satu jenis gua vertikal dari puluhan gua yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul). Gua ini memiliki kedalaman total 190 meter dari permukaan tanah.

Data dari wikipedia, lubang Dinosaurus memiliki lebar mulut gua: 80-100 m, kedalaman gua: 150-180 m, lalu kondisi gua: Vertikal (Multi Pitch) dan Teras, kemudian jenis batuan: batu gamping, lokasi di Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros.

Jika Anda ingin menuju titik lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum jurusan Makassar-Maros (Rp 5.000-/orang), Maros-Nahung (Rp 5.000-/orang). Jalur medis terdekat adalah Puskesmas Bantimurung. Adapun kelengkapan peta topografi tersedia dari Bakosurtanal, Lembar 2011-32, Camba.

Anggota Mapala 09 lainnya, Firman menjelaskan, untuk menuruninya dibutuhkan tali yang cukup panjang. Lalu saat melakukan penurunan harus ekstra hati-hati karena sekitar dindingnya di kelilingi oleh batuan gamping yang licin. Apalagi saat ini sudah masuk musim hujan.

“Saat mencoba memasuki gua Dinosaurus ini, dibutuhkan kemampuan tersendiri, harus siap fisik dan mental. Dari pengalaman caver-caver terdahulu, tidak disarankan untuk mereka yang baru mau mencoba menjadi seorang caver apalagi jika masuk sendirian,”

Tim Caving Mapala 09 FT Unhas ini akan melakukan Ekpedisi Nusantara --bersamaan dengan dua ekspedisi lain yang dilakukan serentak-- di salah satu gua di Pacita

DOKUMENTASI LAPANGAN 

 

Atlet Ekspedisi Nusantara Mapala 09 FT Unhas Simulasi di Gua Dinosaurus, Lihat Ini - susur-gua-8_20171116_020126.jpg

Susur gua Dinosaurus oleh tim Caving Mapala 09 FT Unhas di Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, 11-14 November 2017.

Atlet Ekspedisi Nusantara Mapala 09 FT Unhas Simulasi di Gua Dinosaurus, Lihat Ini - susur-gua-2_20171116_020620.jpg Kondisi gua Dinosaurus di Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, November 2017.

Susur gua Dinosaurus oleh tim Caving Mapala 09 FT Unhas di Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, 11-14 November 2017.

 

 

Read 296 times